Brilliant Blog


STAN ga ikatan dinas lagi? update 2008
Juni 27, 2007, 12:43 pm
Filed under: Kuliah

Bener ga sih STAN dah ga ikatan dinas lagi? pasti pada tanya kaya gitu buat adik2 yang mau masuk STAN tahun ajaran ini (2007/2008) well, gw sendiri juga ga tau walaupun gw juga anak STAN yang non kedinasan, buat angkatan gw (2006/2007) STAN masih ikatan dinas.. tapi coba deh perhatiin surat keputusan dari bapak rektor STAN di Romawi IV point ke 5, begini tulisannya

“Lulusan Program Diploma I dan Program Diploma III untuk dapat diangakat menjadi calon PNS Departemen Keuangan harus lulus ujian penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan”

dari tulisan itu gw bisa ambil kesimpulan klo STAN dah ga langsung diangkat jadi pegawai negeri alias udah enggak ikatan dinas lagi, semua mahasiswa harus leawt tes CPNS dulu, tapi walau kaya gitu STAN tetep gratis kok ada di Romawi IV point 3, begini tulisannya

“Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tidak memungut uang kuliah selama mengikuti pendidikan”

emang bener juga sih dari kemarin2 udah ada gosip2 di kampus klo STAN bakal berubah jadi BLU, tapi walau bener di STAN dah ga ada ikatan dinas lagi, STAN tetep gratis iya kan nestersmiliekill.gif

ini gw lampirin file Penerimaan STANĀ 2007/2008

selamat belajar buat adik2 yang mau masuk STAN

duh ini tulisan emang bikin heboh.. setelah cari referensi untuk tahun 2008 (tulisan ini tahun 2007) dapat pernyataan bahwa STAN masih ikatan dinas..

ini linknya

http://www.waspada.co.id/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=20181

hasil copy pastenya..

STAN Tetap Ikatan Dinas
Thursday, 29 May 2008 06:30 WIB

Alumni Sekolah Tinggi Akuntansi

Negara (STAN) tetap ikatan dinas dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil

(PNS) di Lingkungan Departemen Keuangan Republik Indonesia.

SUGIARTO

WASPADA ONLINE

Alumni Sekolah Tinggi Akuntansi

Negara (STAN) tetap ikatan dinas dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil

(PNS) di Lingkungan Departemen Keuangan Republik Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Dosen

tetap STAN Jakarta Agus Purwantoro, SE, MSi, kepada Waspada, saat dikonfirmasi

via telefon selular, Selasa (27/5).

Agus Purwantoro menjelaskan,

masyarakat tidak perlu khawatir dengan isu-isu yang tidak benar.

Menurutnya, secara logis, tidak mungkin negara

mengeluarkan uang banyak untuk menjaring orang-orang terbaik, jika tidak

direkrut menjadi PNS.

“Logikanya begini, kalau

negara sudah mengeluarkan uang banyak untuk menjaring siswa masuk STAN, sudah

pasti untuk direkrut. Tidak mungkin, negara mengeluarkan uang banyak kalau

untuk disia-siakan,” tegas Agus Purwantoro.

Sebelumnya, dosen tetap STAN

tersebut juga telah menyampaikan hal yang sama di hadapan 1.242 peserta seminar

dan try out USM STAN yang diadakan Bimbingan USM STAN Adzkia, Minggu (25/5) di

Gelanggang Mahasiswa USU.

“Jadi STAN itu tetap

menjanjikan, karena tetap ikatan dinas. Kalau ada yang mengatakan tidak ikatan

dinas bisa dilaporkan,” ujarnya seraya menyebutkan, Departemen Keuangan RI

sangat membutuhkan alumni STAN, karena SDMnya yang sudah terbukti berkualitas.

Juga untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi yang sedang dilaksanakan

di Departemen Keuangan RI.

Direktur Bimbingan STAN Adzkia

Muhammad Ramli, ST. MSi saat dihubungi via telefon menyebutkan, setelah lulus

Waspada Online
http://www.waspada.co.id Menggunakan Joomla! Generated: 22 September, 2008, 21:28
USM STAN, Depkeu akan melaksanakan psikotes kepada para siswa untuk pemetaan.

Hasil psikotes tersebut untuk mengetahui di mana para lulusan nantinya akan

ditempatkan.

Selain itu, kini STAN memiliki

standar pelayanan minimum, artinya siswa-siswa yang lulus USM STAN kini dalam

belajar akan lebih baik dibanding angkatan sebelumnya. Kemudahan dan fasilitas

akan diperoleh seperti buku, ruang yang cukup megah, sistem pembelajaran yang

lebih baik dan tempat belajar yang nyaman.

semoga bisa membantu informasinya.. sekarang tinggal cari info deh kenapa harus ada tes CPNS.. nanti saya update lagi tulisannya..

About these ads

24 Komentar so far
Tinggalkan komentar

mas,5af q gak komentar tapi mau nanya bolehkan !
katanya tahun besok stan udah gak ikatan dinas dangak gratis lagi, bener gak sih

Komentar oleh purwaningsih

ya itu tadi menurut gosip2 dah ga gratis dan ga ikatan dinas.. kebenarannya belum 100%, tapi gosip2nya dag terdengar seantero negeri
hehehehehehe
ada rencana STAn akan jadi BLU mungkin seperti universtas negri pada umumnya.. kaya UI gitu deh

Komentar oleh audit

ass wr wb…
kabar kabur atau bener ci? stan ud ga iktn dnz? pdhl ak tdny ud mntp bwt k stan. coz bonyok nuntut ID. mklum ank mbarep. kk2 jg pd d stan. trus tuw kabar bener ga ci sbnrx? aplg ud ga grtz lg? duwh, njur piye? mkcie…
wass wr wb…

Komentar oleh SALMA

walaikumsalam.. udah ade ttp masuk STAN aja.. sampe skarang sih blm ada konfirmasi lebih lanjut, beritanya dikampus lenyap gitu aja.. paling ya ninggu taun depan baru mencuat lagi
hehehe
saranku sih km ttp aja ambil STAn.. gimana2 klopun nyari kerja ttp gampang STAN deh diluarnya.. kan lebih dipandang gitu ^^

Komentar oleh audit

assalamualaikum…
eh, bntar deh k! kk bisa bilang knapa aku tetep lebih baek ambil stan? cuz jujur ya k ya! sekarang ne, aku jadi ragu buanget n bisa dibilang malah udah ogah ke stan. tapi, ya macie bingung juga se? gimana k?

Komentar oleh SALMA

ble makasih ya…. tapi gw masih butuh ini lw untuk 1 minggu kedepan….ok

Komentar oleh spyn3t

Stan itu tetap ikatan dinas. Cuman peraturan dlm keikatan dinasannya berubah yaitu adanya tes CPNS. Peraturan di stan memang sering berubah-rubah seperti yg sering kita ketahui. Bahkan ada yg bilang dngn status stan yg akan jadi BLU, STAN gak gratis.

Komentar oleh Yus

yup tu kan dah dijelasin sebelumnya klo untuk tahun 2007 kemarin lulusannya ankatan tersebut harus tes CPNS dulu.. mengenai BLU sepertinya akan diadakan tahun depan (2008) kata pudir2 jurusan saya.. hmm kita tunggu aja kebenarannya ^^

Komentar oleh audit

mas, kayaknya mas kurang referensi deh
stan tuh msh ikatan dinas
kan kmk thn 2004 jamannya pak budiono belum dirubah
selain itu yg diatur ma sri mulyani di pmk nya tuh
cuma tata cara penerimaan cpns lulusan stan
bukan mengatur tentang ada tidaknya tes
nah
skrg
peraturan mn yg mengatur tentang ada tidaknya tes?
tanya kenapa?
apa kta dunia?

Komentar oleh tian 3 adm pjk 08

ah masa sih mbak.. coba cek di stan.ac.id
saya kutip ya..

“Dengan Keputusan Menteri Keuangan No. 71/KMK.05/2008 tanggal 31 Maret 2008 STAN ditetapkan sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan PPK BLU (Badan Layanan Umum)”

yang artinya sudah tidak ikatan dinas.. klo mau jadi pegawai tes CPNS dulu..
coba baca tulisan saya seblumnya tentang penerimaan di STAN.. saya kutip lagi yah

“Lulusan Program Diploma I dan Program Diploma III untuk dapat diangakat menjadi calon PNS Departemen Keuangan harus lulus ujian penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan”

oke.. sudah jelas kan mbak.. semoga bisa membantu ^^

Komentar oleh audit

Yang mau sy konfirmasi pertama yaitu….Ini Mas bukan mbak! Dongo’ bgt sih Broo!(-_-)’
Btw, klo mslh tes cpns emang udah ada wktu gw dftar usm kmrn.Dan usut pnya usut nih, wktu gw dftar ulang kmrn broo,gw msh diminta tandatangan surat pernyataan wajib kerja di depkeu.Nah,gw jd mikir nih.Kok disuruh tandatangan?kan di prsyaratannya aja udh g dibunyikan lg.Apa cm bwt jaga2 aja klo swaktu2 dibutuhkan?STAN kok jaga2…apa kata dunia?Klo soal BLU,kayaknya g merubah STAN dri status awalnya deh broo.STAN tetap sekolah tinggi kedinasan.Coba lo baca di stan.ac.id yg “Tentang STAN”.Oke lah klo qta msti tes cpns lg.Siapa takut!Tapi…mana dasarnya?KMK/PMK yg mn yg menyebutkan hal tersebut?INGAT KMK nya pak budiono 2004 ttg ikatan dinas ma PMK nya sri mulyani 2007 ttg tata cara penerimaan cpns depkeu dr lulusan STAN.Sampai saat ini setau gw, belum ada KMK/PMK baru yg merevisiNYA. Apa kemudian otomatis udah g berlaku lagi?KMK yg lo sebutin kan cuma menerangkan bahwa STAN skrg mjdi BLU, yang sepenangkap gw berarti dy bsa mencari penghasilan sendiri tanpa harus bergantung pada APBN.Misal, bea pemotongan rumput, pengecatan gedung,peternakan kambing (mungkin…-_-‘).So,kakak tingkatku yg baik dan bijaksana.Bantulah adek tingkatmu ini untuk dapat mengerti lebih dan lebih lewat penjelasan2 yang DASARnya real dan konkret.Tidak ada eksekutif jika tidak ada legislatif bukan.hatur nuhun

Komentar oleh tian

uppsss.. sori bro.. abis namanya rancu gitu sih
hahahahaha… oke lagi cari referensi baru nih.. mungkin saya juga yang salah soalnya itu tulisan tahun 2007 bulan juni.. mungkin berita belum seupdate sekarang.. baca2 berita.. eh dapet link ini

http://www.waspada.co.id/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=20181

jadi merasa bersalah..
okee.. di perbaikin blognya.. kurang referensi.. ini salah saya..
trus klo yang tes itu gmn bro?
angkatan 2006 mah ga kena tes2an.. mungkin angkatan lo sama atas lo kena tes begituan..
lantas klo ga keterima giman yah?
ahh… cari berita lagi dikampus deh.. mode reporter on..
hehe
makasih sudah mengingatkan.. tulisan ini memang belum terupdate dari tahun 2007 =p

Komentar oleh audit

Thx broo…
Oooo…lo ank aktuaria to!
Klo bsa cariin gw referensi KMK/PMK nya ya..
Yg ngatur soal tes cpns, dll nya itu
Ntar komen aja ke blog gw.
Okey..mpe jmpa tgl 20 Oktbr.
Pas dinamika.
Smoga bs bjumpa…

Komentar oleh tian d3 adm pjk

baca aja di penerimaan STAN.. kan ada tuh di point berpa gitu, bahwa lulusan STAN harus tes CPNS lagi.. cari2 deh di google tentang pengumuman penerimaan mahasiswa stan 2008.. ini gw kasi sadurannya
di poin 5 bagian pendidikan
Lulusan diploma I dan III HARUS lulus ujian penerimaan PNS Departemen Keuangan untuk dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Departemen Keuangan
apa itu ga cukupjelas bro?
klo lo ga otomatis jadi pegawai negeri.. beda sama angkatan 2006 sampai sebelumnya.. yang klo ga salah isinya langsung diangkat jadi pegawai negeri sipil..

Komentar oleh audit

nih gw kasi linknya
http://www.stan.ac.id/media/konten/usm2008/108_Umum_STAN_08.pdf
liat poin sebelumnya juga.. ada pernyataan dapat.. bukan pasti bro.. mohon tanggapannya

Komentar oleh audit

Okelah bro…
klo pun tes cpns…siapa yg takut!
soal yg ada di pengumuman pendaftaran gw jg udh liat N gw pelototin mpe mules mata gw.
Skrg yg gw mw tanyain…mn peraturannya?PMK/KMK nya.Yg mengatur tentang tahapan2 tes nya.Dan sp aja yg bleh ikut.Apakah tes&formasi nya khusus utk anak stan aja atau jg gabung dr umum?Apakah setiap tahun kelulusan bakal diadakan?
Ayo…bro!Cariin infonya..
Klo prlu tanya aja lgsug ma pak Made Gde Erata, atw ke Sri Mulyani seXan
Oke broo…Go aktuaria!

Komentar oleh bramatian

oya….lam kenal bro

Komentar oleh bramatian

Tahun ni ad yg aktuaria g?

Komentar oleh bramatian

sip.. salam kenal juga.. aktuaria ga tau deh tahun ini terima lagi atau ga.. sekarang gw masih menyandang status mahasiswa angkatan “terakhir”yg ke 20
hehehe
wahh.. soal masalah tes CPNS gw dah tau jawabannya..
monggo silakandi cek mas =)
http://www.maharema.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=65
sukses ya buat diterima di STAN..
gw lagi konsen buat tugas akhir nih.. melelahkan..
semoga bisa lulus dengan IPK memuaskan
amin

Komentar oleh audit

yup..thx bro

Komentar oleh bramatian

Berita STAN nggak ikatan dinas bukan sejak 2007, tetapi sudah sejak dahulu kala, sejak jaman aku mau masuk kuliah tahun 1997 juga udah ada. Tiap tahun selalu aja beredar kabar burung seperti ini, entah apa maksud dan tujuan si penyebar kabar burung ini, padahal si burung gak salah apa-apa kok, hehehe …

Kalo nggak salah, hal ini berawal dari tidak lagi diangkatnya menjadi CPNS bagi mahasiswa STAN pada saat Tingkat II mulai penerimaan mahasiswa tahun 1995.

Memang sebelum tahun tersebut, pada saat Tingkat II mahasiswa sudah berstatus sebagai CPNS dan pada saat Tingkat III sudah diangkat menjadi PNS dengan terlebih dahulu mengikuti Diklat Pra Jabatan Tingkat II. Namun mulai 1995, mahasiswa kuliah statusnya benar-benar mahasiswa. Setelah lulus, ditempatkan dulu, sambil bekerja baru diproses SK CPNS-nya. Hampir semua Perguruan Tinggi Kedinasan sekarang sistemnya seperti ini juga.

Apakah perubahan sistem ini dapat dikatakan bahwa STAN tidak ikatan dinas lagi ?

Jangankan orang luar, mahasiswa STAN sendiri pun juga banyak yang salah kaprah karena nggak tau. Bahkan sampai ada mahasiswa STAN yang terhasut kabar ini, kemudian keluar dan kuliah di tempat lain. Teman sekelas saya sendiri yang keluar ada 2 cowok dan 1 cewek.

Menurut saya sih, perubahan sistem ini nggak ada hubungannya dengan ikatan dinas. Ikatan dinas itu wajib kerja selama waktu tertentu. Lama ikatan dinas adalah 3 kali masa pendidikan plus 1 tahun. Selama ikatan dinas, ijazah kita ditahan, dan kalo kita gak mau kerja di sana harus membayar ganti rugi biaya pendidikan. Setelah masa ikatan dinas selesai, kalo kita gak mengajukan pengunduran diri ya tetep lanjut kerja di sana.

Di STAN, dasar hukum penegasan ikatan dinas adalah Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI. Sampai saat ini, aku belum pernah tau ada peraturan yang mencabut peraturan tersebut.

Setelah lulus kuliah, pihak lembaga STAN akan menyerahkan lulusannya kepada instansi-instansi terkait. Misalnya, lulusan Prodip I/III Keuangan Spesialisasi Perpajakan, akan diserahkan kepada Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak). Kemudian mereka dimagangkan di kantor-kantor Ditjen Pajak sambil menunggu proses keluarnya SK CPNS. Biasanya disusul juga dengan SK Penempatan yang definitif, jadi belum tentu dia nanti ditempatkan di kantor tempat dia magang. Tapi yang jelas tetap di kantor-kantor Ditjen Pajak.

Terus, apakah lulusan STAN perlu ujian untuk bisa diangkat jadi PNS ?

Ya sangat perlu, dari jaman dulu kala juga udah ada, namanya Diklat Pra Jabatan Tingkat II. Dan itu bukan berlaku untuk lulusan STAN atau Depkeu saja, tapi seluruh PNS di instansi mana pun juga gitu. Itu gak ada hubungannya dengan ada atau tidaknya ikatan dinas. Diklat Pra Jabatan itu bukan ujian untuk menyeleksi rekrutmen PNS Depkeu, tapi untuk meng-upgrade status dari CPNS ke PNS. Jadi pesertanya ya CPNS-CPNS yang kerja di Depkeu. Bukan berarti lulusan STAN akan dites ulang untuk masuk Depkeu bersama pelamar-pelamar dari lulusan perguruan tingi lain. Kalo rekrutmen pegawai Depkeu dari lulusan perguruan tinggi lain (selain STAN), itu ada tersendiri, dan belum tentu ada setiap tahun. Nah … rekrutmen dari perguruan tinggi lain ini yang tidak ada sistem ikatan dinasnya.

Kalo ada yang bilang, gak adil kalo lulusan STAN langsung jadi pegawai Depkeu, berarti yang bilang itu orangnya nggak gaul, kuper gitu loh. Di mana-mana perguruan tinggi kedinasan ya memang begitu. Lulusan STPDN, STIS, Akmil, Akpol, Diklat Perhubungan, dan sejenisnya, ya sama kayak gitu juga. Ya masak sih Depkeu membentuk lembaga STAN di bawah Badan Diklat Keuangan, merekrut lulusan SMA, dididik pakai biaya yang tidak sedikit (tidak memungut uang SPP ke mahasiswa), kemudian lulusannya dibiarin gitu aja ? Ngapain Depkeu repot-repot gitu, kan mendidik lulusan SMA itu tugasnya Depdiknas u.p. Ditjen Dikti, bukan tugasnya Depkeu u.p. Badan Diklat Keuangan.

Komentar oleh Agus Win

Download Gratis Soal STAN Crash Program 2009, sebagai bahan referensi USM STAN 2009,klik link : http://www.ziddu.com/download/5598085/SoalSTANCrashProgram2009.rar.html

Komentar oleh M.A.A

Download Gratis Soal2 STAN Crash Program 2009, sebagai bahan referensi USM STAN 2009,klik link : http://www.ziddu.com/download/5598085/SoalSTANCrashProgram2009.rar.html

Komentar oleh M.A.A

makasih infonya mas,

Komentar oleh heri




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: