Brilliant Blog


aktuaria??? apaan noh?
Juli 26, 2007, 9:57 pm
Filed under: Kuliah

klo suatu saat lo dapet surat dari STAN yang menyatakan klo lo keterima di aktuaria dah diambil aja tuh jurusan, nih gw mau cerita pengalam gw yang kenapa tiba2 bisa nyasar di jurusan itu yang padahal dah sempet kuliah di UNAIR 2 minggu+ospek segala macem..

waktu itu pas gw lagi kuliah di UNAIR tiba dapet tlp dari Jakarta yang katanya gw masuk STAN/BPPK (Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan)? how can??? kata gw dalam hati.. wah ini pasti penipuan, gimana enggak orang jelas2 gw liat di internet nomer gw ga masuk itungan masuk STAN.. aneh tapi nyata, yo wes gw pulang lah dari kampus UNAIR tercinta(dulu), gw kekantor bokap yang ada di surabaya, nah gw dapet fax dari Jakarta yang isinya surat atas nama gw yang nyatain klo gw masuk aktuaria.. nah lo gw bingung deh sampe situ nestersmiliemikir.gif nih jurusan apaan.. bikin akuarium??? blagu dalem hati (hihihihi)

lanjut.. abis itu dengan rasa penasaran gw ke warnet di sana, wah ternyata warnet di Surabaya ga kaya di Jakarta yang udah mirip kaya kacang rebus kali ya.. singkat cerita setelah browsing kesana kemari nanya sama paman google hasilnya nihil, yang ada jurusan aktuaria UI.. nah lho tambah curiga deh gw, tapi seenggak2nya gw bisa tau klo jurusan itu emang ada.. dan itu di D3 UI.. fuuiihhh terobati deh penasaran sama jurusan ini, laporlah gw sama bokap klo jurusan kaya gini di STAN takada (ga ada) terkucil

yah tapi mang dasar info internet ttg aktuaria rada telat bokap gw dah dapet info duluan katanya mang ada trus jurusan ini bagus, dalem hati,, dari mana bagusnya??? kata bokap gw ini jurusan buat para calon aktuaris, apa itu aktuaris? aktuaris itu seseorang yang ahli di bidang matemati yang berhubungan sama asuransi, contoh: dia itu yang ngitung rate premi, yang klo dijabarin lagi kita bisa dapet premi yang kita bayar klo ikut asuransi, nah.. gw baru klop dah sekarng, jelas dah semua nestersmiliebawangcool.gif

setelah gw blajar di aktuaria, sumpeh matematikanya harus kuat bgt klo mau masuk niy jurusan, tapi asik juga siy, soalnya banyak orang2 yang senasib kaya gw yang biasa2 aja kemampuan matematiknya.. kuliah yang dah gw dapet sampe sekarang:

Teori Ekonomi, Kalkulus I dan II, Statistik I, Matematika Keuangan, Matematika Aktuaria, Dana Pensiun,dll deh.. nanti lain waktu gw tulisin mata kuliah lengkap sama brosunya ya..

kesan yang gw terima waktu masuk aktuaria itu sumpah, gw diremehin abis sama temen2 gw soalnya katanya ini STAN swasta, asemmm nestersmiliebawang00.gif

gw langsung aja bilang sama temen gw ya udah klo lo bilang ini STAN swasta coba deh lo pikirin lagi ga semua orang kan bisa masuk dengan mudah disini walau gw masuk juga tanpa kesengajaan, kata yang ada didalem surat itu bilang klo penerimaan aktuaria itu diambil dari tes STAN yang nilainya ampir2 masuk tapi berhubung bangkunya ga cukup makanya di pindah kelain jurusan.. misalnya yang keterima tahun 2006 kemarin 2000 mahasiswa dari 120.000 peserta lebih (sampe masuk MURI nihnestersmiliebawangugh.gif) nah gw sama temen2 gw itu ada di urutan 2001 – 2300an.. jadi tetep aja ga gampang kan nestersmiliebawangcool.gif bukannya sombong lho hehehehehe..

lagi pula jurusan aktuaria janjiin masa depan bagus kok klo kita serius, aktuaria itu punya gelar profesi yang kita bisa dapetin yaitu ASAI, FSAI, AAIJ, AAIK, dll dan klo kita dah bisa dapet FSAI(gelar profesi puncak aktuaria) gaji yang bisa kita dapet bisa sampe 50jt – 100jt lho nestersmilie058.gif tapi buat gelar itu ga gampang.. butuh perjuangan berat, mungkin baru ada 100 orang di Indonesia ini, makanya gaji yang di tawarkan gede bgt, inget pelajaran ekonomi ttg teori permintaan sama penawaran kan?? nah anak aktuaria tuh gitu juga, yang di butuhin juga banyak terutama yang dah punya gelar profesi trus yang lulusannya baru sedikit.. nah itu dia titik asiknya, insya4JJI jurusan ini menjanjikan kok..

oya sebernya ada 2 jurusan sejenis lagi yang sistem penerimaannya kaya aktuaria, jurusan itu jurusan analis efek sama analis kredit nestersmiliebawangugh.gif


40 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Ikut nimbrung… Untuk gelar profesi asuransi, kita bisa mengikuti ujian profesi asuransi yang diselenggarakan oleh AAMAI (Asosiasi Ahli Manajamen Asuransi Indonesia) yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu Sektor Jiwa dan Sektor Kerugian. Untuk Sektor Jiwa, Anda akan mendapat gelar AAAIJ dan AAIJ, sedangkan di Sektor Kerugian, gelar yang dapat diperoleh adalah AAAIK dan AAIK.
Bagi yang ingin mengetahui seperti apa soal ujian AAAIK bisa melihat dan mendownload di web personal saya (http://pojokasuransi.com). Terima kasih.

Komentar oleh Fajar Nindyo

wah terima kasih pak atas informasinya.. semoga bisa bermanfaat untuk teman2 yang lain =)
terima kasih

Komentar oleh audit

thank you atas infonya ya.. sangat membantu.. kbetulan emang lagi gw cari infonya.. kalo mau lanjutin s1 ada dmana ya?? trus ada dmana lagi slain di stan??

Komentar oleh Stefi

ktna w dnger2 aktUaria bwat th 2007 gag ad yaphzZ,,s0aLna tmpt pndidkn nyang ad d bLok M ntU,mw d bubArin n’ pndah k stAn bntar0..bner kga sich tU isU ??

Komentar oleh s0fi mAeLaniE

yup isunya dah kuat bgt,, nih buktinya ga ada OSPEk buat tahun ini,, dengtan kata lain ga ada ade kelas buat tahun 2007 tapi rencananya 2008 bakal dibuka lagi dan di pindah di STAN jurangmangu, menjadi satau semua..

Komentar oleh audit

@stefi iya sama2 =) mang untuk apa infonya? mungkin ada yang bisa gw bantu lagi? katanya kalo mau ngelanjutin S1 yang sama ilmunya tu di Trisakti jurusan asuransi.. tempat selain di depkeu ada di STEKPI kalibata, Trisatki Rawasari, D3 FISIP aktuaria UI.. selebihnya ga tau lagi,, tapi info yang gw tau belum banyak universitas yang buka jurusan ini..

Komentar oleh audit

klolo doank yang lo pikir kecemplung didunia peraktuarisan lo salah besar gw beserta ratusan orang yang sedang mengambil jurusan aktuaris atau lebih tepatnya adm. asuransi dan aktuaria merasa terpukul sekali seba gw dari jurusn ips

Komentar oleh Romanov

hehehehe
sama donk.. gw juga dari IPS.. duh rasanya emang mati kutu waktu pertama2 ngliat mata kuliah yang full begituan semua tapi lama kelamaan alhamdulillah gw sama temen2 dah bisa nyesuaiin semua mata kuliah yang itung2an..
walhasil dapet IP yang lumayan lah =)
btw di UI mahasiswanya banyak ga?

Komentar oleh audit

klo saia kuliah di stan analis efek,,,
satu kampus sama anak2 aktuaria,,,
^.^

Komentar oleh puTz

hai puTz salam kenal ^^
kapan2 bisa ketemu nih
hehe
dah lulus atau masi kul? tingkat brp?

Komentar oleh audit

boleh tau alumni thn brp ?

Komentar oleh llettoy

hai.. saya tertarik dengan aktuaria, boleh tanya beberapa hal gak???

aktuaria S-1 itu dimana aja sih??? kok aku udah cari di internet cuma ketemu D-3 di UI dan STAN, trus S-2 di ITB??

makasih banget ya….

Komentar oleh touya

saya belum alumni mas.. masih kuliah sekarang tingkat 2 hehehe

Komentar oleh audit

@ touya
boleh bgt tanya2 kok ^^
klo untuk S1 untuk di Indonesia masih sedikit sekali, untuk negri hampir tidak ada bahkan tidak ada sama sekali CMIIW yang ada DIII nya mas.. klo mau swasta saat ini baru ada di trisakti dan stekpi klo tidak salah ^^

Komentar oleh audit

Whehee….tenang saudara2 s’Xan,yg kecemplung di dunia aktuaria bukan X’an doank, gw jg awalny adr IPS, eh tw2 gw hrs dicekokin sama ilmu Aktuaria yg awalnya gw ga tw sama s’X..[Aktuaria???!!kya merk air mineral gHeto…], malah wktu gw kul di Aktuaria BPPK dlu, hampir stiap semesterny agw musti ikut Remed(eh, skrg msh ada Remed g C?), tp berkat perjuangan dan pengornbanan remed gw, hasil akhhirnya, IPK gw, yaaa..lumayan lah, masih masuk 40 besar sekampus,,,,:P
Tp percaya d, trnyata di dunia perasuransian anak2 lulusan aktuaria tuh kesannya eksklusive bgt. gw mw share pwngalaman gw ja, wktu PKL dlu gw agak beda sm tmen2 1 angkt gw, coz sbgian bsar dr mrka pd milih PKL di perush Asuransi, eh gw sok2 an aja PKL di Broker Asuransi gt (semacam Konsultan Aktuaria, tp Broker asuransi lbih ke arah kasih Advice ke tertanggung gt, Broker jg nentuin placing Asuransi, ngitung2 premi, sampe desain benefit Asuransi, yaa… g jauh2 beda sm perush asuransinya lgsng). trs, lulus kul (Btw, gw lulus Aktu th 2004), gw nglamar krja di Broker asuransi (Lg!!),dan tw g?! gw ngelamar asal2an ja, gw masukkin lamaran ke 5 broker asuransi by pos ke perush broker yg gw liat alamatnya di yellow pages, yg pstinya gw ga tw tu perush lg ada lowongan atw ga, trnyta seminggu kmudian gw dpt panggilan dr 3 Broker yg gw apply gt, (PD HARI YG SAMA PULA!!), trs, gw tang ting tung aja milih yg mana yg mw gw datengin bwt interview. terpilihlah satu broker yg beruntung utk gw datengin bwt interview, Wktu itu pagi2 gw interview, eh sorenya gw ud dtlp trs keterima, wlwpun cm jd staff temporary, yg masa kontraknya cm 3 bln, gw agak bingung jg c, scepat itu mrka Ngambil kptusan bwt nerima gw, pdhl wkt itu kompetitor gw ada byk, ada anak yg S1 dr PTN gt.. Stlah 3 bln gw krja dstu dg status STAF TEMPORER, gw interogasi aja HRDnya knpa mrka mw trma gw di perush mrka, tw2nya alesan mrka krn gw lulusan AKTUARIA, yg kta org asuransi aktuaria tuh otaknya perush asuransi… Trs, di akhr kontrak gw yg cm 3bln itu, Bos gw ngomong klo gw mw diperpanjang kontraknya tp dg status baru yaitu sbg Staff Technical Support, dan akan djadiin staff permanent (Jd technical support tuh yg ngitung2 preminya, trz desain benefit jg), lg2 alesan bos gw krn basic gw yg AKTUARIA. Kta mrka c, klo g ada org Actuary bsa mati tuh bisnis perasuransian.
Jd saudara2….berbanggalah X’an yg msh bs dpt ksmpatan kul di jur Aktuaria, wlw loe2 pd nyasar kecemplung dstu…trnyta masa dpan mu akan cerah di aktuaria, wlw loe2 pd hrs menikmati masa perkuliahan loe dg jatoh bangun, kya lagu dangdutnya kristina (krn musti berkutat dg rumus dan angka2…). Good Luck Prend

Komentar oleh eWa

wah makasih atas balasannya..

trus saya mau tanya lagi nih,
kalau saya mau ngambil S1 matematika di ITB, lalu mau lanjut S2 aktuaria di ITB, kira2 bisa gak ya??
apa nyambung gitu dan gak ketinggalan materi??

Thx bgt ya..

Komentar oleh touya

Ya bisa DwounX….nyambung2 ja,klo otak lo mampu, knp ga..klo masalah SKS kyanya klo mw lnjut S1
Bwt Info ja, di ITB MAth itu ada 2 jenis Mata Kul: MAt kul layanan(Umum),sma MAtKul Pilihan(jd lo bs milih lo mw ikt matkul yg mana).
MAtkul layanannya:Kalkulus I,Kalkulus II,Matematika Rekayasa I,Matematika Rekayasa II,Teknik Sipil
Teknik Fisika,Kalkulus III,Kimia,Matematika Teknik I,Matematika Teknik II,Matriks dan Ruang Vektor,Astronomi,Kimia,Statistika Dasar,Fisika, Geofisika,Meteorologi,Oceanografi,Biostatistika,Biologi,Matematika Numerik,Geofisika,Trus sma Meteorologi&Oceanografi

Matkul pilihannya:
Bidang Aljabar dan Geometri
Bidang Analisis
Bidang Matematika Terapan
Bidang Komputasi
Bidang Statistika
Nah, dr matkul pilihan td, misal lo ambil matkul statistika, berarti lo hrs ngikutin sub matkul statistik nya lg, yg klo g slh ada 14 sub matkul yg hrs lo iktin, salah satunya ada matkul aktuaria I & 2.
Ditambah lg lo hrs ikt praktikum di LAb gt, dan hukumnya Wajib, trs tugas Akhir d.
Jd kebayang kan brapa SKS lo hrs ngejar ketinggalan lo bwt bsa lulus S1 MAth Di ITB, yaaa…paling ga lo hrs ngabisin wkt 3/4 thn lo bwt nyelesain smw, skaligus lo pnya wktu 3/4 thn bwt ngbuat botak kpala lo..Wakakkakkkkk…..:p btw, lo mw okt jejak PAk Tuge ya kul di Itb MAth????(Oya,4more info search di ITB web aja).
Trz, skrg lo ga usah jauh2 dlu mikir S2, planning c boleh, tp jlnin yg skrg dlu dah….(sok tua yeee gw…:p)
Blh tw ga, lo skrg semester brp C??

Komentar oleh eWa

wah.. sepertinya jawaban atas pertanyaan touya dah dijawab sama ewa.. trims dah bantu jawab ya.. buat nambahin aja.. jurusan apapun mau masuk kemanapun tuh sebetulnya bisa aja.. cuma pastinya banyak yang akan di matrikulasi jadinya kuliah kita bisa tambah lama.. tapi klo satu jurusan kita ga perlu matrikulasi terlalu banyak, jadi kuliahnya bisa cepet ^^

Komentar oleh audit

wuah..kayana seru juga jurusan ne..
tapi saya udah masuk statistika di ipb..en udah jatuh cinta ma statistika..hwehe..
cuman..saya ngambil mata kuliah matematika aktuaria yang ditawarin ama jurusan matematika..
kira2 isinya apaan yah..
baru mule kul semester 7 nanti..

hmm..pastinya seru yah..
oya,,nanya dunk..klo analisis efek tuh tool statistik yg digunain biasanya apaan?

Komentar oleh itcieh

waduh klo ditanya isinya.. rahasia mbak.. biar surprise hehehe
pastinya bakal seneng ko klo mbak suka matematika.. analis efek tool yg digunain? waduh saya juga ga tau mbak.. mbak lagi blajar masalah analis efek?
nanti saya tanya deh sama temen saya yg lebih banyak bergelut disana ^^

Komentar oleh audit

mas,, minta info bgd mgenai pnerimaan prog. aktuaria atau analis efek 2008..

kaLau kita g dpet surat bahwa d trima d stan aktuaria ato analis efek, qt msih bs msuk g mas..? gmn cranya..??

Komentar oleh rhizzaldy

Wuih,mantap jg aktu..
Lam kenal ya u yg audit..
Gw ank analis efek sem 5..

Komentar oleh Ikha

aktuaria….? menyenangkan ko, mulanya mungkin lo kayak dicemplungin. tapi emang menjanjikan, tapi kalo yang ga kuat matematikanya…. gampang kok?! belajar yang tekun, giat berlatih… wehehe.

Komentar oleh ade

@rhizzaldy dah di jawab via e-mail lengkap kan.. sms juga boleh klo perlu.. tar dijawab secara lenih detail lagi.. intinya klo aktuaria harus dapet surat sakti dulu.. klo analis efek sepertinya dia buka tes penerimaan deh.. hayo anak2 analis efek disini bisa bantu jawab ga?
@Ikha
salam kenal.. wah ternata anak2 analis efek banyak yg mampir disni yah.. bisa nih kenalan.. ^^ lumayan punya banyak temen
@ade
yup betul bgt.. gw cuma berperinsip klo dah kecemplung, ya duah mending nyelem sekalian dijamin lo pasti dapet mutiara di dalem laut
betul ga ^^

Komentar oleh audit

Ikut nimbrung boleh ya?
Aku lagi nyari-nyari info tntang S2 aktuaria.
Ada ga di UI? Trus bagusan mana ama yang di ITB?
Kalo aku S1 dan S2nya kimia, kira-kira berat ga ya nerusin ke aktuaria?
Thanx banget ya.

Komentar oleh FLO

boleh sekali donk.. masin rame makin asik ^^
kata dosen aku sih aktuaria UI yang S2 udah di tutup.. kebetulan beliau angkatan terakhir.. jadi yang sisa tinggal ITB tuh kayaknya ^^
sebetulnya sih bisa aja dari kimia.. cuma kayaknya perlu banyak matrikulasi deh.. masalah berta atau ga.. aku rasa klo anak mipa dah biasa hadapin rumus2 matematika.. iya kan?

Komentar oleh audit

boleh sekali donk.. masin rame makin asik ^^
kata dosen aku sih aktuaria UI yang S2 udah di tutup.. kebetulan beliau angkatan terakhir.. jadi yang sisa tinggal ITB tuh kayaknya ^^

uhhhhmmm cuma ngasih tau ajah gw anak statistik ugm 2005, selain ITB UGM juga punya S2 aktuaria yang nilai2 beberapa makul tertentu bisa untuk konversi ke ujain AAI n di S1 statistika pun ada 3 makul yang konversi ke sana so…buat yg tertarik sama aktuaria masuk aja s1 Statistik UGM hohohoho (promosi)

Komentar oleh dee

aktuaria BPPK bagus kok..
gwe angkatan 2006.
susah si pelajarannya…
gtu deh..
aktuaria yang angkatan gwe skarang udah resmi masuk STAN..semua kop surat dsb nya.. skarang udah pake kok STAN..tmasuk lambang STAN juga…
bayaran kuliah nya juga udah gag pake rekening kampus..sekarang disetor nya ke STAN.
Aktuaria BPPK ya sekarang udah bener2 STAN.
pas angkatan gwe,,tapi sebelum nya nggak…

Komentar oleh riady

Bener Bgt Tuch Lulusan Aktuaria BBPK Tuch Bs Bekerja Dimana Ja n Ga Harus Kerja di perusahaan Asuransi ..Contohnya Gw sekarang Bs Kerja Di Salah Satu Bank BUMN(PT.Bank Mandiri.Tbk)..Secara Lo Pada Tau Sendiri Kan nembus bank besar Semacam Mandiri..Susah Bgt..Tapi..Ternyata Anak Aktuaria BPPK Bisa Kok..Setelah Usut Punya Usut Ternyata..Salah Satu faktornya Karena Mata Kuliah Kita Lho Yg Nuntut Kt Bwt Selalu Analisis Setiap Hal2 Dgn Logika2..Yang Ga secara Lsg Kt Dapet Dari Pelajaran Itung2an Yg Njelimet Abiz..Itu Yg Diperlukan Dalam Dunia Kerja..Gw Sih Agkatan 2002..gw yakin Baik KK Kelaz N Ade Kelaz gw Pasti Bs Kok..Selama Mau berjuang n Jgn Putus Asa..Lulusan AKTUARIA BPPK Pst Bs n CPt Dpt Kerja..Amien…Wassalam(^_^)

Komentar oleh Avatar_Sky

mantaaaaapppp.. ternyata gw ga salah masuk milih sini (*mode percaya diri on)
hehehe
note: akhirnya gw sempet ngeblog lagi

Komentar oleh audit

Minta alamat emailnya dunk, biar bisa tanya2 ttg aktuaria, gw masi blm tw smw ttg aktuaria ne :p, alamt emailq d naesroel@gmail.com

oia, gw mahasiswa Statistika ITS, salam knal smw🙂

Komentar oleh nasrul

kebetulan ada perusahaan korea yang sedang membutuhkan aktuaria yang punya sertifikat FSAI dan akan ditempatkan di KOREA dengan penawaran Min USD150rb. Jika ada relative atau temen lo yang kira-kira cocok dapat langsung melamar ke : ethika@hotmail.com, thanks ya hanya dibuka sampai dengan 24 Maret 2009

Komentar oleh chubbycat

haloo…salam kenal yaa.. gw tetangga nih, anak AE…btw makasih ya dah boleh pinjem gedung buat belajar, ihihi

Komentar oleh Ryan

suatu ketidaksengajaan yang berakhir dg kberuntungan..
well..well…congratz y
keknya km tu org yg tw bwt sswt jd lbh baek,salut…

Komentar oleh bebekcute

Gw S1 matematika, udah jadi PNS depdag. Tp gw tertarik S2 aktuaria, kira kira berguna gak ya?

Komentar oleh dyon

mm..
univ mna aj y yg ad jurusan ini?
hrus s1 dlu…?

tq.. =)

Komentar oleh feb

aku blh nanya ga ???
emmm

bedanya akutuaria sm analis efek apa ??
trus lbh bgs mna ???

Komentar oleh nene

untuk 2009 sudah dibuka untuk S1 aktuaria bertempat Di gedung AKA mampang

Komentar oleh ian

Info dunk .. Sekarang kampus nya pindah donk pa msh di purnawarman ?

Komentar oleh llettoy

weh ada yg nyasar ke blog ku dari sini siapa hayo

Komentar oleh heri




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: