Brilliant Blog


Mata Kuliah Aktuaria
Juli 27, 2007, 2:16 pm
Filed under: Kuliah

1. Agama

2. Pendidikan Pncasila dan Kewarganegaraan

3. Teori Ekonomi

4. Dasar-Dasar Komputer

5. Bahasa Inggris I

6. Bahasa Inggris II

7. Statistik I

8. Statistik II

9. Kalkulus I

10. Kalkulus II

11. Pengantar Asuransi & Manajemen Risiko

12. Manajemen Operasional Asuransi Jiwa dan Kesehatan

13. Pengantar Dana Pensiun

14. Teknik Penulisan Makalah

15. Matematika Keuangan

16. Matematika Aktuari I

17. Matematika Aktuaria II

18. Matematika Aktuaria III

19. Underwriting (Seleksi Risiko)

20. Demografi & Pembentukan Tabel Moralita

21. Metode Numerik

22. Aplikasi Komputer dalam Ilmu Aktuaria

23. Graduasi Data

24. Matematika Pensiun

25. Laboratorium Aktuaria

26. Akuntansi Asuransi Kesehatan

27. Teknik Asuransi Kesehatan

28. Aktuaria dalam Asuransi Kerugian

29. Teori Risiko dan Keputusan

30. Valuasi Aktuaria

31. Investasi Dana Pensiun dan Asuransi

32. Reansurasi dan Penetapan Retensi

33. Ekonomi dan Asuransi Syariah

34. Praktek Kerja Lapangan (PKL)

35. Makalah Karya/Koprehensif


19 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Gw msh blum tau lebih jauh tentang Aktuaria.
Bisa dijelaskan lebih jauh?

Komentar oleh Fahru

yang mau ditanya tentang apanya? nanti coba gw jelasin sebisa gw.. pokoknya jurusan ini tu disiapin buat di perusahaan asuransi di Indonesia.. karna tergolong masi langka lulusan sini.. insya4JJI masa depannya juga masi cerah.. oy jurusan niy juga ada di Trisakti, UI sama ITB, STEKPI, cuma klo UI sama ITB dia buat s2nya aja..

Komentar oleh audit

salam knal…

gini..dl wkt kul ak ambil jur math, en ada bbrp smester mata kul nya ttg aktuaria.
Skrng ak kerja d perush asuransi (bancassurance). Skrg ak dah mulai tertarik buat bljr lagi ttg aktuaria, pengennya sih ikutan ujian PAI..

Tp ak kekurangan informasi nie mengenai ujian profesi aktuaris ini.

kyknya km lebih ngerti nie..hehe
untuk prog master yg ak tau ada d ITB en UI aja..
Ak mo nanya nie, buat persiapan ujian PAI, ada ga sih pelatihan khususnya..?
Kan sayang tuh dah byr mahal2 buat ujian tp g lulus..

thaks bgt klo dah mau share ya…ak tunggu reply nya ya..

ini email ak : lizzie_lz@yahoo.com

Komentar oleh Liz

klo mau tau info lebih lanjut coba deh buka webnya aktuaris indonesia http://www.aktuaris.org/
klo pelatihan khusus yang aq tau siy ga ada, klo dari pengalaman temen2 itu cuma dikasi tau aja modul apa yang dipake buat bahan ujian, aq punya salah satu soal PAI yang kemarin 2007 mata kuliah ekonomi, nanti insya4JJI aq uploadin, ditunggu aja ya =)
oya kan masih banyak ujian profesi lain selain PAI, mungkin boleh dicoba.. salah satunya ini
http://pojokasuransi.com

Komentar oleh audit

ga ngerti apaan sich aktuari?
klo bisa dijelasin lagi
biar lebih komplit
kenapa ga!!!!!!!!!!!!!!

Komentar oleh riska

pokoke aktuaria itu jurusan yang diperuntukkan buat orang2 yang siap bertempur didunia persarusansian Indonesia.. nah yang diatas itu mata kuliah selama 3tahun.. karna jurusan itu masih jarang terdengar jadi masa depannya juga masi cerah.. itu kata dosen gw
hehehehe

Komentar oleh audit

Gimana ya cara dapertin buku tentang aktuaria, khususnya untuk ujian aktuaria ?? Boz Brilian kasih tw dunk caranya !! Terima kasih

Komentar oleh agung

hmm agak susah tu.. soalnya jujur aja saya sendiri untuk buku cuma bisa foto copy dari dosen2 aja.. kebanyakan buku luar negeri sih
harganya selangit soalnya
hehehe
paling dateng kekampus saya aja.. di perpus kayaknya buku aktuaria bertebaran tuh..
kampus saya di BPPK Departemen Keuangan

Komentar oleh audit

Klu gw mw daftar jd mahasiswa prog aktuaria dpunawarman gmana c cranya?
Tgl brp tesnya n apa aja yg dites.. Thnx yup..

Komentar oleh Prita

buat mbak prita.. begini, program aktuaria itu penerimaannya cuma ada satu yaitu lewat USM STAN.. yang di tes juga cuma 3 kok.. pengetahuan umum (psikotes gitu), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, mudah kan =) untuk tanggalnya juga sama seperti tes STAN..
oya untuk tahun depan aktuaria sudah tidak di purnawarman kebayoran lagi.. aktuaria pindah kampus ke bintaro jurangmangu bersatu dengan teman2 dari jurusan yg lain..
trims kembali ^^

Komentar oleh audit

maju terus Aktuaria BPPK

Komentar oleh llettoy

sekedar info aja..untuk yang tertarik dengan dunia aktuaris..kalo mau belajar buat persiapan ujian PAI bisa nge download soal2 dari society of actuary-nya amerika (SOA-cari pake om google)..soalnya banyak yang mirip2..ditambah lagi dari SOA-nya dikasi pembahasan jawaban..lumayan buat belajar.
buat anak lulusan S-1 matematika ato jurusan apa saja yang mau nerusin kuliah n’ belajar aktuaria bisa nerusin di ITB.karena saya kebetulan masih kuliah disana,dan s-1 saya kimia.setahu saya di UI kalo ga salah udah ga ada,lagipula disana lebih ke manajemennya karena di UI jurusan aktuarianya bukan dibawah departemen matematika seperti di ITB.

Komentar oleh dora

terima kasih mbak buat infonya.. bener banget sekarang UI dah ga terbitin lagi jurusan itu.. saya sendiri kurang tau alasannya dengan jelas.. mereka cuma ada DIIInya aja.. tapi klo mau nerusin di swasta trisakti juga ada kok.. ^^

Komentar oleh audit

salam kenal,
aku jg anak aktuaria, pengalaman pertamaku masuk jurusan ini sempat bikin stres cz matkulnya kebanyakan itung2an smw walaupun dulu aku dr jurusan IPA tp gk serumit ini. Tp setelah dijalanin selama hampir 2thn ternyata enjoy jg. btw kmu tingkat berapa? dah pernah coba ikut ujian PAI blm? critain dunk……

Komentar oleh Fira

@fira
aku dah tinggak 2 skarang, angkatan 2006, angkatan terakhir di purnawarman, km?
hehehehe
blm ikut PAI.. tapi dah ikut PAMJAKI
nih lagi nunggu pengumumannya.. fiuuhh.. semoga aja lulus hehehe

Komentar oleh audit

Adit tugas graduasi data yang ketiga yang baru itu loh udah selesai blum?
Udah nemu blm rumus di komputer /mic.excell ngitung Keynes Estimation yang pake metode Triangle

Komentar oleh Iramas

eh ga jadi deh dit,udah nemu dari febri he”…..:)

Komentar oleh Iramas

aduh mbak ira.. salah alamat klo nulisnya disini T_T

Komentar oleh audit

Tolong dunk…jelasin tentang aktuaria secaea umum…
kalo punya file2 (modul,ebook) tentang aktuaria kirimin dunk…
thx b4 yaw….

Komentar oleh yudi




Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: